Senin, 05 Mei 2014

Motor AC 1 Fasa

Prinsip Kerja

Ketika motor tersambung dengan sumber listrik, kumparan pada stator akan teraliri arus listrik. Sehingga menimbulkan induksi listrik yang mampu memutar rotor.




Bagian- Bagian Motor



Konstruksi Stator :
1. Dibuat dari pelat-pelat tipis dengan slot.
2. Belitan ditempatkan pada slot
Komponen Stator :
1. Rangka.
2. Inti stator
3. Kumparan/gulungan
4. Pelat penutup




Inti Stator
> Inti Stator
   1. Terbuat dari lempeng-lempeng baja silikon berlaminasi.
   2. Untuk memperkecil rugi-rugi besi akibat arus pusar

Konstruksi Rotor
> Fungsi :mengubah daya dari stator menjadi tenaga mekanik.
> Terdapat dua tipe, yaitu :
   1. Rotor sangkar
   2. Rotor belitan
> Komponen-komponenRotor:
   1. Inti besi rotor, 
   2. Kumparan/batang penghantar, 
   3. Cincin
   4. Poros (shaft). 

Rotor Sangkar
> Rotor Sangkar
   1. Terdiri dari batang penghantar tebal yang diletakkan pada petak-petak slot paralel
   2. Kedua ujungnya dihubungsingkat dengan cincin

Rotor Belitan
> Konduktor yang digunakan adalah belitan
   1. Belitan terhubung ke cincin geser yang dipasang pada shaft
   2. Belitan terhubung ke resistor melalui sikat karbon


> Prinsip Kerja
   1. Prinsip kerja motor induksi mirip trafo
   2. Rangkaian primer (stator) dan sekunder (rotor) tidak satu inti.
   3. Rangkain sekunder berputar
   4. Listrik dipasok ke stator sehingga menghasilkan medan magnet yang berputar dengan kecepatan sinkron
   5. Pada rangkaian rotor timbul arus sehingga timbul kopel
   6. Rotor berputar searah putaran medan stator










> Slip
   1. Dalam praktek rotor tidak pernah berputar pada kecepatan sinkron
   2. Perbedaan kecepatan antara putaran medan stator dan kecepatan rotor disebut slip

 Ns = kecapatan sinkron (rpm)
         Nr = kecepatan putaran rotor (rpm)


Rangkaian Ekivalen
                        V1 = tegangan stator                                              E1 = tegangan rotor
                        R1 = tahanan stator                                               X1 = reaktansi bocor stator
                        RC = reaktansi inti besi                                          R2 = tahanan stator
                        X2 = reaktansi bocor stator                                   Xm = reaktansi magnetisasi

> Pengaturan Kecepatan Motor Induksi
Umumnya berputar dengan kecepatan konstan, mendekati kecepatan sinkronnya. Pada penggunaan tertentu dikehendaki adanya pengaturan putaran.

Pengaturan kecepatan putaran motor induksi dapat dilakukan dengan beberapa cara :
1. Mengubah jumlah kutub motor
2. Mengubah frekuensi masukan
3. Mengatur tegangan masukan

Konversi Energi pada Motor


Efisiensi Motor Induksi
Ditentukan oleh kehilangan dasar yang hanya dapat dikurangi oleh perubahan pada rancangan motor dan kondisi operasi


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Motor Listrik : 
1. Mengganti motor Standar dengan motor efisiensi tinggi
2. Penurunan Pembebanan (menghindari motor yang ukurannya berlebih).
3. Ukuran Motor untuk Beban Yang Bervariasi
4. Memperbaiki Kualitas Daya
5. Penggulungan Ulang (Rewinding)


6. Koreksi Faktor Daya Dengan Memasang Kapasitor

Cara Merawat Motor Induksi :
1. Pemeriksaan motor secara teratur untuk pemakaian bearings
2. Pemeriksaan kondisi beban untuk meyakinkan bahwa motor tidak kelebihan atau kekurangan beban 
3. Pemeriksaan secara berkala untuk sambungan motor yang benar dan peralatan yang digerakkan 
4. Dipastikan bahwa kawat pemasok dan ukuran kotak terminal dan pemasangannya benar 
5. Penyediaan ventilasi yang cukup dan menjaga agar saluran pendingin motor bersih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar